Secara umum keuntungan adanya asuransi adalah membuat pikiran menjadi lebih tenang, sebagai investasi masa depan, meminimalisir kerugian, dan membantu mengatur masalah keuangan. Asuransi terdiri dari berbagai pilihan seperti asuransi properti, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan asuransi mobil. Bagi Anda yang punya mobil dan sehari-harinya menggunakan kendaraan roda empat ini untuk beraktivitas, asuransi yang patut dimiliki adalah asuransi mobil. Mengendarai kendaraan yang telah diasuransikan akan membuat Anda menjadi lebih nyaman saat membawanya. Ini dikarenakan adanya asuransi akan memberikan perlindungan dari hal-hal yang tidak terduka. Mengingat saat ini angka kecelakaan di jalan raya cukup tinggi salah satu penyebabnya adalah roda empat. Oleh karena itu, segera mungkin miliki asuransi mobil. Namun, setelah mobil diasuransikan bukan berarti Anda tidak punya kewajiban sebagai pemiliki polis. Jika Anda hanya beli asuransi mobil saja tapi tidak menjalankan kewajiban sebagai nasabah asuransi, bisa jadi hanya merugikan saja. Berikut ini yang harus dilakukan oleh Anda setelah punya asuransi mobil.

Membayar premi dengan rutin

Di dalam asuransi ada yang namanya premi asuransi. Premi sendiri adalah sejumlah uang yang harus disetor nasabah asuransi kepada perusahaan asuransi. Sudah menjadi hal yang sepatutnya dilakukan nasabah untuk membayar premi dengan rutin. Jika sudah ada asuransi mobil tapi premi tidak dibayar dengan rutin, bisa-bisa saat mengajukan klaim ditolak. Pihak asuransi tidak akan menganti rugi atas apa yang menimpa nasabahnya walapun musibah yang terjadi masuk dalam katagori yang ditanggung perusahaan asuransi mobil. Alasanya tidak lain dan tidak bukan karena tidak membayar premi secara rutin. Tidak membayarnya premi bisa berdampak pada polis yang menjadi tidak aktif. Agar hal ini tidak terjadi, yang harus dilakukan setelah punya asuransi adalah membayar premi dengan rutin. Untuk asuransi mobil biasanya wajib membayar premi 1 tahun sekali. Meskipun satu tahun sekali, Anda tidak boleh terlambat jika ingin polis tetap aktif. Mau tahu banyak tentang premi asuransi mobil, kunjungi:

PT. Reventon Mitra Pratama

Icon 21 Kebon Jeruk

Blok B no. 17

Jl. Meruya Ilir Raya

Srengseng-Kembangan

Jakarta Barat, ID 11620:

Website: CekPremi.com

Memperpanjang polis asuransi

Selain harus membayar premi dengan rutin, yang harus dilakukan selanjutnya setelah punya asuransi mobil adalah memperpanjang polis asuransi. Sejatinya memang perlindungan asuransi mobil dilakukan per tahun. Namun, untuk mendapatkan perlindungan pada tahun berikutnya Anda harus memperpanjang polis asuransi Anda. Jika tidak melakukan perpanjang polis asuransi atau terlambat, bisa-bisa membuat klaim jadi terhambat atau ditolak. Pentingnya memperpanjang polis asuransi yaitu sebagai salah satu syarat saat pengajuan klaim. Segera mungkin perpanjang polis asuransi Anda minimal 1 atau 2 bulan sebelum periode polis berakhir. Yang harus dilakukan oleh Anda pertama-tama yaitu menghubungi pihak asuransi.

Melaporkan segera kejadian yang terjadi

Meskipun telah punya asuransi, Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi tanpa melapor. Pihak asuransi tidak tahu apa yang terjadi pada nasabahnya sehingga asuransi tidak akan dibayar tanpa adanya laporan dari pemilik polis. Ketika terjadi hal buruk dengan mobil Anda yang harus dilakukan sebagai orang yang punya asuransi mobil adalah melaporkan segera kejadian yang terjadi. Untuk asuransi mobil setidaknya harus melapor 3 × 24 jam setelah kejadian. Pastikan tidak lewat dari batas waktu yang ditentukan dan saat melapor sebaiknya memperlihatkan bagian mobil yang mengalami kerusakan sebagai tanda bukti.

Leave a Reply

*